Ini Tips Sederhana Untuk Tetap Awet Muda dan Sehat

Olahraga

KOMPLIT | Mau tidak mau, suka tidak suka, para sahabat Komplit -- siapa pun dan di mana pun-- pasti menjadi tua. Itu adalah proses yang harus dijalani makhluk hidup. Tapi gaya hidup dan kondisi kesehatan, cukup memengaruhi cepat lambatnya penuaan kita. Kalau kita mampu merawat fisik dan bisa mengendalikan stress, dipastikan proses kita menjadi tua akan lebih lambat.

Faktanya di lapangan, Anda pasti pernah bertemu seseorang yang kelihatan jauh lebih tua bila dibandingkan dengan usianya. Terkadang kita kira dia sudah berusia 40 an tahun, padahal kenyataannya usianya baru 30 an tahun. Atau sebaliknya, wajahnya seperti 30 an tahun, ternyata usianya sudah 40 an.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk tampil lebih muda. Terutama di zaman serba modern saat ini. Sejumlah teknologi kedokteran dan kecantikan dapat membuat orang menjadi terlihat awet muda. Namun biasanya, cara instan seperti itu selain ada resiko efek samping, dampaknya tidak bertahan lama.

Nah, berdasarkan riset para ahli, ternyata cara alami yaitu dengan merawat kesehatan tubuh, jauh lebih efektif dan mampu bertahan lama dalam membuat penampilan kita tetap awet muda. Yah, gaya hidup sehat adalah kata kuncinya.

Kali ini redaksi akan mengulas tips-tips ringan agar Anda selalu sehat dan tampil lebih muda, di antaranya:
1. Aktif Bergerak.
Aktif dalam menggerakkan tubuh merupakan salah satu cara terbaik dan menjadi kunci sukses awet muda. Dengan berolahraga secara benar dan teratur dapat memperlambat proses  penuaan alami. Tentunya sekaligus membuat tubuh lebih sehat.

Bukan cuma itu, olahraga juga dalam menjadi kunci sukses bagi kita dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pasalnya, kegiatan kita berolahraga akan menjaga sirkulasi darah dan metabolisme tubuh. Sehingga jantung, otot, tulang, serta organ-organ tubuh lainnya tetap sehat.

Di samping itu, olah tubuh juga akan mengurangi risiko penyakit jantung, gangguan tidur, depresi, serta mampu meningkatkan daya ingat dan kekuatan tulang yang lebih baik. Aktifitas seperti ini akan mengurangi kemungkinan Anda untuk mati muda.

Karena itu tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga. Lakukanlah olahraga yang Anda sukai. Jalan santai, bersepeda, aerobik, atau yoga merupakan beberapa pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat
Cara lainnya untuk menjaga tubuh dan penampilan tetap muda adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Anda tidak perlu menerapkan diet rumit atau yang sejenisnya. Cukup menambahkan jumlah buah dan sayuran ke dalam menu harian. Kedua jenis makanan ini tidak mengandung kolesterol, bahkan kalorinya pun rendah.

Selain memiliki banyak kandungan serat dan vitamin, buah-buahan dan sayur-sayuran juga mengandung banyak mineral, misalnya kalsium dan zat besi yang pastinya baik untuk tubuh. Perhatikan juga cara memasak makanan. Usahakan hindari makanan yang digoreng.

3. Istirahat yang Cukup
Cukup tidur setiap hari juga menjadi kunci yang mujarab agar bisa awet muda. Soalnya tidur memberikan banyak pengaruh yang signifikan pada tubuh Anda, baik itu dari fisik maupun mental. Aanjuran tidur selama 7 sampai 8 jam tiap hari juga dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan tidak lekas keriput. Begitu pun, terlalu banyak tidur juga tidak baik. Justru bisa mempercepat kerusakan sel kulit.

4. Perawatan Kulit
Salah satu cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penuaan dini adalah dengan menggunakan pelembab kulit secara teratur. Cara ini akan menutrisi kulit kering, penyebab sel kulit menjadi lekas menua dan keriput.

Umumnya kulit kering disebabkan karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Itu sebabnya, jangan lupa untuk menggunakan pelembab yang mengandung SPF agar kulit Anda terhindar dari terpaan sinar matahari. Selain bermanfaat untuk melembapkan kulit, tabir surya juga bermanfaat melindungi kulit dari kanker akibat paparan sinar matahari berlebihan.

5. Berpikir Positif
Berfikirlah selalu secara positif dan bangunnya hubungan yang baik dengan orang di sekeliling. Bangunlah hubungan baik dengan orang-orang di sekitar dan berbuatlah kebaikan sebanyak mungkin. Semakin banyak Anda terhubung dengan orang-orang yang penuh kehangatan, maka akan memberikan dampak yang positif pada pikiran dan diri Anda sendiri.

Orang penyayang mudah bergaul, punya banyak teman, penuh perhatian, dan senang berbagi, ini bisa menjadi salah satu cara awet muda yang dapat membantu Anda mencegah stres dan merasa lebih bahagia.(bbs)
Komentar FB