Mau Berenang di Air Soda? Cuma Ada Dua di Dunia. Salah Satunya di Tanah Batak

Wisata pemandian alam air soda di Tarutung


KOMPLIT | Bisakah para sahabat Komplit membayangkan mandi dan berenang di kolam dengan air bersoda yang sama persis dengan minuman bermerek SPRITE? Fenomena alam ini hanya ada dua di dunia. Yang pertama di Venezuela, dan yang kedua ada di Indonesia, tepatanya di Desa Parbubu I, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara.

Kalau dari Kota Medan, bisa ditempuh dengan perjalanan lebih kurang 6 jam naik kendaraan pribadi. Lokasinya di kaki perbukitan, yang di sekitarnya terhempang sawah nan luas. Kawasan ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata alam sejak puluhan tahun silam.

Wisata kebanggaan masyarakat Kota Tarutung ini sudah dikelola dan dikembangkan sejak tahun 1976 lalu. Mata airnya berasal dari dalam tanah yang muncul kepermukaan dengan gelembung-gelembung yang berasa hangat bila kena kulit kita.

Rasanya tawar namun sensasi sodanya sangat terasa, tak ubahnya kita hendak meminum minuman berkarbonat, seperti minuman bermerek sprite.

Menurut penuturan warga sekitar, dulunya saat ditemukan puluhan tahun silam, air yang keluar dari dasar bumi itu meluap begitu saja mengaliri persawahan di sekitar. Namun khusus di sekitar mata air soda, nyaris tak ada tumbuh tanaman. Mungkin karena unsur kandungan mata air ini yang membuat tanaman tak mampu tumbuh. Namun di aliran air, semak belukar dapat tumbuh.

Oleh pemerintah setempat, berkisar tahun 2004 lalu, di sekitar mata air soda ini dibendung menggunakan batu kali berukuran besar dan disemen sehingga menyerupai kolam. Alhasil airnya meluap dan dapat direnangi.

Untuk memasuki kawasan ini, Anda tidak perlu membayar. Namun, pengelolanya membuka warung yang menjual aneka makanan dan minuman dengan harga yang cukup bersahabat.

Hanya saja perlu diingat, Anda yang ingin mandi-mandi atau pun sekedar berfoto-foto di kawasan ini, sangat ditabukan untuk berbicara kotor, berciuman, atau pun melakukan hal-hal yang tak senonoh lainnya. Kenapa begitu? Masyarakat sekitar percaya, mata air soda ini mempunyai nilai mistis.(bbs)
Komentar FB