Tahukah Kamu Fakta-fakta Unik Tentang Indonesia Ini?

Kadal raksana bernama Komodo hanya ada di Pulau Komodo


KOMPLIT | Dari sekian banyak negara di dunia ini, ternyata Indonesia merupakan negara dengan jumlah bahasa terbanyak setelah Papua Nugini. Jumlahnya ada 749 bahasa daerah. Hanya saja yang disayangkan, ternyata tidak semua suku merawat dan mewariskan bahasa itu kepada generasi penerusnya. Sehingga untuk sebagian suku, bahasanya sudah ada yang terancam punah.

TAHUKAH Anda kalau kata ‘INDONESIA’ berasal dari kata Latin Indus yang berarti India, sedangkan kata nenos berasal dari kata Latin yang berarti pulau? Sebab memang, di zaman dahulu Indonesia dijuluki sebagai Kepulauan India atau juga Pulau Indies Timur.

TAHUKAH Anda jika Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17,508 pulau. Namun, meski sebanyak itu, hanya lebih kurang 6,000 pulau yang berpenghuni.

SIAPA yang tak kenal dengan nama sang legendaris Marco Polo? Penjelajah ternama itu merupakan orang Eropa yang  pertama sekali sampai ke Indonesia pada tahun 1292 silam.

TERNYATA, kata ‘ketchup’ dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Indonesia, lho! Tapi ada perbedaan dalam wujudnya. Untuk orang asing di Barat sana, kata ‘ketchup itu adalah untuk menyebut saus tomat, bukan kecap manis atau kecap asin seperti yang ada di negara kita.

PULAU Komodo yang ditemukan penjelajah Belanda pertama kali pada tahun 1920, ternyata merupakan satu-satunya habitat bagi kadal terbesar di dunia itu. Para ahli menyebut, binatang melata dengan liur mengandung racun mematikan itu memiliki DNA yang sangat dekat dengan dinosaurus.

Bukan hanya fakta-fakta unik di atas, ternyata masih banyak lagi keunikan yang dimiliki oleh bumi pertiwi ini. Nantikan saja tulisan Redaksi Komplit berikutnya, ya gan. (bbs)

Komentar FB