Bahaya! Jangan Hirup Hawa AC Mobil yang Terparkir di Terik Matahari

AC Mobil
Hidupkan AC mobil


KOMPLIT | Hati-hati menyalakan AC dalam kondisi mobil baru terpapar sinar matahari. Bisa-bisa Anda kena penyakit kanker yang mematikan. Sebab, uap panas yang ada di dalam kabin itu mengandung kimia berbahaya yang bereaksi dengan cepat menjadi racun begitu menyatu dengan hawa dingin yang dihasilkan freon.

Selama mobil dalam kondisi terjemur di bawah sinar matahari, semua jenis plastik, karet sintetis, parfum pewangi mobil, termasuk bahan-bahan pelapis tempat duduk itu memuai menjadi uap. Semua senyawa kimia beracun itu menyatu menyerupai gas yang memadati ruangan.

Meski pun kita tidak bisa melihat wujudnya, jangan sepele. Senyawa kimia itu sangat berbahaya, apalagi kalau menyatu dengan suhu dingin yang dihasilkan oleh AC mobil. Jika itu terhirup Anda, maka racun itu akan merusak sistem kekebalan tubuh kita.

Menurut beberapa riset peneliti, radiasi matahari yang membakar perangkat yang ada di dalam mobil itu merupakan penyebab munculnya racun penyebab kanker yang disebut karsinogen.

Selain menyebabkan timbulnya kanker, efek benzena dapat meracuni tulang-tulang tubuh. Kondisi ini mengakibatkan anemia yang menurunkan jumlah sel darah putih. Kalau sering-sering menghirupnya, senyawa kimia ini bisa menyebabkan leukemia dan menambah risiko penyebab kanker.

Tak hanya itu, benzena juga bisa menyebabkan keguguran ibu hamil. Sebab, tingkat benzena di dalam ruangan yang bisa ditolerir tubuh manusia hanya 50 mg/ft2. Racun ini mempengaruhi fungsi ginjal dan hati. Tubuh kita cukup sulit melawan racun-racun itu.

Masih menurut penelitian, sebuah mobil terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan menghasilkan 400-800 mg benzena. Tapi kalau diparkir di luar ruangan di bawah sinar matahari pada temperatur 15 derajat Celcius ke atas, tingkat benzena bisa naik hingga mencapai 2.000-4.000 mg, 40 kali tingkat benzena yang bisa ditoleransi tubuh kita.



Bukti racunnya, bisa langsung terasa. Biasanya orang yang menghirup yakni pengemudi dan penumpang akan terasa seperti mengantuk, bahkan bisa mual dan pusing serta tubuh menjadi lemas, tepatnya ketika AC mobil dihidupkan.

Lalu bagaimana tips mengatasinya? Anda tidak dilarang menghidupkan AC ketika kabin dalam kondisi panas terpapar sinar matahari. Namun disarankan agar kaca mobil dibuka lebar-lebar agar udara luar bisa mengurai racunnya. Atau kalau anda tidak buru-buru, ada baiknya jangan masuk dulu sekitar lima menit, biarkan AC hidup dengan kaca dibuka lebar-lebar. Mencegah lebih baik, karena kesehatan itu mahal.(red)

Komentar FB