Bawang Merah Ampuh Bunuh Kuman dan Bakteri

Bawang merah
Bawang merah kupas untuk usir penyakit

KOMPLIT | Jangan buru-buru memfitnah tetangga yang menebar potongan bawang merah di lantai rumah sebagai bentuk ritual magis. Bisa-bisa dia justru salah satu orang yang telah paham bahwa umbi yang umum dipakai sebagai bumbu ini dapat dijadikan sebagai media penyerap kuman dan bakteri. Penulis pun telah terbukti mempraktekkan cara ini di rumah, lho!

Yah, di zaman dulu, para orangtua banyak yang punya keyakinan, bawang merah bisa mengusir setan. Karena mahluk dedemit ini dianggap sebagai penyebab jatuh sakitnya anak, seperti kena flu atau batuk. Nah, ini baru mitos namanya.

Ternyata menurut para pakar, seperti dr. Vivi Kurniaty Tjahjadi, M.Si, bawang merah yang sudah dikupas itu dapat mengeluarkan senyawa kimia seperti minyak atsiri, sikloaliin, merilaliin, dihidroaliin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptide, fitohormon, vitamin, protein, lemak, kalsium, fosfor dan zat pati seperti yang terkandung dalam lengkuas.

Kandungan flavonglikosida berfungsi sebagai antiradang, antibakteri, serta menurunkan panas. Makanya wajar dan dapat diterima akal bawang merah dapat mengatasi flu dan beberapa penyakit lainnya yang diakibatkan bakteri atau virus.

Hanya saja perlu diketahui, sifat dari zat yang ada pada bawang merah ini adalah mengikat atau menyerap kuman-kuman penyebab penyakit tadi. Sehingga, jika sudah dipakai untuk mengikat virus dan bakteri, maka jangan sekali-kali mengkonsumsinya, atau dijadikan bumbu masakan lagi. Sebab, pada bawang merah yang dikupas tadi sudah melekat penyakit-penyakit.

Cara pakainya adalah, kupas atau iris bawang merah secukupnya. Kemudian letakkan dalam wadah yang bersih, kemudian taruh di sudut-sudut lantai kamar atau rumah Anda. Lakukan sekali dalam sehari hingga keluarga sudah terbebas dari influenza.



Nah, selain itu, senyawa sulfur dan quercetin banyak terkandung dalam minyak esensial atau minyak atsiri yang bermanfaat untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Berdasarkan penelitian para ahli farmasi, kandungan senyawa sulfur mampu mengatasi gangguan dalam saluran pernafasan. Sehingga mampu melegakan dan mencairkan dahak seseorang yang terserang atau terkena flu yang disertai dengan batuk. Serta senyawa yang ada pada bawang merah juga dapat menambah daya tahan dan meningkatkan energi positif dalam tubuh kita.

Bagi penderita radang paru berat (pneumonia) dapat juga menjalani perawatan dengan menggunakan bawang merah, caranya ambil sebutir bawang merah. Iris kedua ujungnya. Salah satu ujungnya dicocok dengan garpu, lalu tangkai garpu dimasukkan sebuah botol agar dapat berdiri. Taruh di samping ranjang penderita, semalaman paginya bawang merah berubah jadi kehitaman karena penuh kuman. Kemudian dibuang, ganti dengan yang baru.(bbs)
Komentar FB