Kemarin Aku Divonis Asam Lambung Akut, Sekarang Sudah Bisa Makan Pedas



KOMPLIT | Kemarin Aku sudah berbagi resep mujarab bagaimana bisa sembuh dari penyakit asam lambung akut, atau istilah kedokterannya Gastro-oesophageal reflux disease, disingkat GERD. Yah, aku sembuh bukan dengan obat-obatan dari dokter, tetapi dari ramuan tradisional telur bebek hijau dan susu kental. Lupa bagaimana ulasannya? Klik di sini untuk membaca ulang ulasannya.

Nah, usai terapi dengan telur bebek hijau itu, aku lanjut ke tahap berikutnya. Sebab tahap pertama tadi, kerjanya adalah untuk menekan produksi asam di dalam lambung, sekaligus melapisi dinding lambung agar tidak teriritasi oleh zat Asam Klorida (HCL), asam yang berfungsi sebagai enzim.

GERD itu terjadi karena klep atau otot cincin yang terletak pada perbatasan kerongkongan dengan lambung sudah lemah. Kalau dalam keadaan normal, otot cincin itu mengunci agar makanan yang masuk tak keluar lagi ke kerongkongan. Tekanan tinggi akibat produksi asam lambung yang berlebihan juga menjadi faktor utama rusaknya klep ini.

Perhatian Gambar Berikut Ini, .....

asam lambung gerd
Gastro-oesophageal reflux disease (GERD)


Untuk itu, tahapan lanjutnya adalah menguatkan otot cincin alias klep tadi. Caranya adalah dengan mengonsumsi air perasan lemon yang rasanya super asam itu.



Kalau difikir-fikir, aneh ya? Kok asam lambung disuruh minum air lemon yang rasanya sangat asam itu? Faktanya, banyak orang sudah sembuh setelah melakukan terapi ini. Menurut para peneliti, asam askorbat yang dikandung lemon itu ternyata baik untuk lambung.

Rasanya yang pekat dapat menguatkan kembali otot cincin alias klep lambung, sehingga bisa bekerja menutup dan membuka sebagaimana mestinya.

Begini resepnya. Potong setengah buah lemon berukuran sedang. Peras airnya ke dalam gelas. Di anjurkan anda menggunakan gelas kaca atau keramik yang benar-benar sudah bersih untuk menghindari percampuran dengan zat kimia lain yang umumnya menempel bila kita memakai gelas plastik atau kaleng.

Setelah air perasan lemon selesai, tuangkan air panas yang baru mendidih ke dalam perasan tadi. Lalu biarkan sampai hangat agar bisa diminum.

Hampir sama dengan pengobatan di tahapan yang pertama, Anda juga disarankan melakukan terapi ini di jam-jam masih kosong perut. Anjurannya di subuh hari, atau sekitar pukul 05.00 wib. Setelah meminum perasan lemon ini, jangan dulu mengonsumsi makanan atau minuman setidaknya satu jam ke depan agar ramuan ini bekerja dengan baik.

perasan lemon
Air perasa lemon

Lakukan terapi ini setiap hari selama satu minggu atau 7 hari. Bila sudah merasa baikan, lanjutkan melakukan terapi ini dua kali dalam seminggu, lalu turunkan menjadi satu kali dalam seminggu dan berlanjut ke satu kali dalam dua minggu sampai Anda kembali benar-benar pulih.



Sekarang, setelah melakukan terapi ini, Aku sudah tidak ada pantangan lagi soal makanan. Kalau mengingat sewaktu masih dirawat opname, semua jenis makanan pedas, asam, bercampur mecin, minuman dingin, makanan bersantan, termasuk yang rasanya tajam, sangat dipantangkan.

Kalau ingat waktu itu, semua makanan yang bisa masuk berasa hambar lantaran tak ada cabe, tak pakai asam, dan tak pakai bumbu-bumbu yang rasanya tajam. Tapi sekarang, Aku merasa bersyukur sama Tuhan. Karena semua jenis makanan sudah bisa aku makan. Sama sekali tidak kambuh lagi. Demikianlah tips kesehatan dari dapur Redaksi Komplit.(tulisan ini adalah pengalaman pribadi atau kesaksian dari penulis yang merupakan kru metro-online.co)
Komentar FB