Obat Batuk Alami yang Aman Untuk Anda dan si Buah Hati



KOMPLIT | Sungguh kesal rasanya kalau diserang batuk. Apalagi kalau penyakit itu dialami anak kita. Keceriaan si buah hari pasti direnggut, terlebih bila batuknya sudah begitu keras terdengar. Tapi ada baiknya para Sahabat Komplit jangan buru-buru ke dokter atau apotik.



Disarankan Anda menggunakan bahan-bahan alami yang sudah menjadi resep tradisional sejak zaman nenek moyang kita. Bila memang tubuh anak Anda memiliki daya tahan tubuh yang baik, dipastikan ramuan tradional ini mampu untuk melawan semua jenis batuk yang menyerang. Bisa untuk anak-anak, juga bagi kita orang dewasa. Berikut ramuan tips kesehatan yang dirangkum oleh tim Redaksi Komplit:

·         Air garam
Kumuran dengan air garam hangat ternyata dapat meredakan batuk, terutama batuk kering. Cukup campurkan seperempat atau setengah sendok teh garam dapur dengan satu gelas air hangat. Setelah garamnya larut semua, airnya dikumur-kumur kira-kira 30 detik. Lakukan cara ini setidaknya 3 kali dalam sehari.
·         Madu Asli
Madu asli adalah obat batuk alami yang dipercaya banyak bangsa-bangsa di dunia ini. Madu asli itu memiliki segudang kandungan zat alami yang dapat memberikan banyak manfaat pada kesehatan. Dapat meningkatkan imunitas tubuh terhadap berbagai penyakit, termasuk batuk.
Caranya pun beragam. Bisa madu asli tanpa dicampur apa pun. Jika cara ini kurang ampuh, bisa dicampurkan dengan perasan lemon. Bila mau dijadikan stok agar tidak repot-repot, bisa juga madu asli dibiarkan dalam botol secukupnya lalu masukkan potongan lemon termasuk kulitnya. Biarkan sampai tercampur secara alami dan simpan di suhu kamar, atau bisa juga di dalam lemari pendingin namun jangan di fre

·         Campuran biji rami, madu dan lemon.
Merebus biji rami dalam air akan menghasilkan cairan putih bening dan lengket untuk meredakan tenggorokan dan ketidaknyamanan saluran pernapasan Anda. Anda juga bisa membuat obat batuk kering tradisional dengan menambahkan madu dan lemon yang bertindak sebagai zat antibiotik ringan.



Cara membuatnya mudah, rebus 2 hingga 3 sendok makan biji rami dalam 1 cangkir air sampai air menjadi kental. Saring, lalu tambahkan 3 sendok makan masing-masing madu dan jus lemon. Ambil 1 sendok makan seperlunya untuk pengobatan batuk. Anda juga bisa menggunakan ini sebagai obat batuk kering untuk anak.

·         Teh lada hitam
Obat batuk kering tradisional dari lada hitam ini terkenal sebagai obat batuk tradisional dari Cina. pasalnya, lada hitam mengandung zat yang mampu merangsang sirkulasi udara dan aliran lendi di postnasal drip jadi tertahan agar tidak masuk ke tenggorokan.

Anda juga bisa mencampurkan dengan madu ke dalam rebusan lada hitam ini sebagai antibiotik ringan.

Cara membuatnya, sediakan 1 sendok teh lada hitam yang sudah ditumbuk dan 2 sendok makan madu dalam cangkir. Lalu tuang dengan air panas dan tutup gelas selama 15 menit.  Sesudahnya teh disaring dan diminum.

·         Banyak minum air putih
Sembari mengonsumsi beberapa obat batuk kering tradisional atau pun obat kimia di atas, Anda sebaiknya juga jangan melupakan asupan minum air yang cukup. Mulailah dengan cara mudah dengan minum 2 gelas air tiap 2 jam sekali. Minum air dapat berfungsi meredakan gatal di tenggorokan yang menyebabkan Anda batuk-batuk.



·         Teh jahe
Minum teh jahe saat batuk kering melanda  dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi yang menyebabkan rasa gatal di tenggorokan. Manfaat dari jahe berasal dari sifat antibakteri, antiviral dan antijamur yang kuat, yang bisa menghadang virus saat masuk ke saluran pernapasan.(js)
Komentar FB