Tips Membuat Bulu Mata Anak Menjadi Lentik Secara Alami



KOMPLIT | Siapa pun orang tua di dunia ini pasti ingin anaknya tampil menarik dan sempurna. Termasuk soal aksesoris di tubuh pemberian Tuhan yang Maha Kuasa ini, salah satunya yakni bulu mata. Mayoritas kita pasti memilih bentuk yang lentik serta panjang. Sehingga memberi daya tarik tersendiri, baik itu perempuan mau pun laki-laki.

Ternyata untuk membuat bulu mata anak menjadi lentik secara alami itu tidak sulit, lho. Bisa dilakukan sendiri. Bahkan praktik ini sudah dilakukan sejak nenek moyang. Mulai dari memberikan ramuan minyak kemiri hingga mengguntingnya pada saat si buah hati masih berumur di bawah satu bulan. Begini tips hasil rangkuman dan pengalaman dari rekan-rekan di dapur Redaksi Komplit.



·         Minyak Kemiri
Siapa pun percaya ramuan minyak kemiri bisa merangsang pertumbuhan rambut dan bulu. Sehingga untuk menebalkan bulu atau rambut secara alami, ramuan ini menjadi salah satu pilihan paling primadona. Termasuk untuk merangsang pertumbuhan alis. Tetapi masa terbaiknya adalah ketika bayi masih berusia di bawah satu bulan. Meski dalam beberapa praktik, usia di bawah 6 bulan juga masih bisa, tergantung dari hormon si anak.

Dianjurkan, sebaiknya gunakan minyak kemiri olahan sendiri, agar terbebas dari zat kimia. Dengan cara diiris sehalus mungkin lalu digongseng di kuali sampai minyaknya keluar. Selanjutnya, minyak kemiri olahan itulah yang dioleskan ke bulu mata si buah hati. Lakukan setidaknya selama satu bulan di saat bayi sedang tidur. Cara ini akan membuat bulu mata bayi Anda menjadi tebal, panjang dan lentik tentunya. Jadi kalau nanti dia sudah gede, nggak perlu lagi lah pakai bulu mata palsu.

·         Minyak Zaitun

Tips selanjutnya agar bulu mata anak Anda lentik juga dapat dioleskan dengan minyak zaitun. Karena bahan alaminya sulit didapat, Anda bisa membelinya di pasaran. Tapi pastikan dulu olahan itu berasal dari bahan alami. Kalau sekarang ini olive oil khusus untuk bayi sudah banyak juga di swalayan-swalayan. Sama seperti minyak kemiri di atas, gunakan olive oil ini di saat bayi sedang tidur.



·         Vitamin E

Kalau kamu khawatir atau kurang ada waktu untuk melakukan kedua tips di atas, ada juga cara yang praktis. Yakni berikan konsumsi buah-buahan dan sayuran yang tinggi kandungan vitamin E nya. Sebab selain membuat kulit bayi menjadi mulus, makanan yang tinggi kandungan vitamin E nya dapat juga merangsang pertumbuhan rambut dan bulu mata. Beberapa contoh buah dan sayur yang tinggi kandungan vitamin E di antaranya, sayur bayam, tomat, avokad, buah kiwi dan kacang almon yang bisa didapat dengan mudah di pasar tradisional.

·         Gunting Bula Mata

Dari semua pilihan di atas, tips ini adalah yang paling banyak dipraktikkan orang-orang. Termasuk kami sekeluarga sejak zaman dahulu. Yah, dengan menggunting bulu mata bayi ketika masih berusia di bawah 3 bulan, ternyata dapat membuat bulu mata anak bertumbuh menjadi panjang, tebal dan lentik. Entah siapa yang memulai, tapi yang pasti kami sekeluarga memiliki bulu mata yang lentik alami karena digunting oleh mama. Ritual ini bahkan telah dilakukan sejak zaman nenek moyang kami.

Hanya saja, selama pertumbuhan bulu mata pasca dipotong, ada baiknya jangan membawa anak ke daerah yang berdebu. Sebab salah satu fungsi bulu mata adalah untuk menangkal kotoran sehingga mata terjaga.

Sekarang kembali kepada bunda. Dari keempat tips di atas semua ada plus minusnya. Pilih yang mana? Alangkah baiknya sesuaikan dengan kondisi kita masing-masing. Selamat mencoba yah.(js)

Komentar FB